Rapat Kordinasi Akselerasi ke Guru Besar

Medan, 3 Mei 2021

Dalam rangka meningkatkan jumlah Guru Besar di UIN Sumatera Utara Medan, Rektor UIN Sumatera Utara yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Hasan Asari, MA. menyelenggarakan Rapat Kordinasi Akselerasi Guru Besar di ruang aula Pusat Pengembangan Bahasa (PUSBINSA) lantai 2 Kampus UIN Sumatera Utara Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menyampaikan rencana program Rektor UIN Sumatera Utara dalam mendorong para dosen yang telah layak untuk mengusulkan naik jabatan ke jenjang Guru Besar. 

Dari 31 jumlah calon guru besar yang sebelumnya telah diperoleh datanya dari bagian Kepegawaian, 25 diantaranya hadir pada kegiatan rapat tersebut. Para calon guru besar tersebut dipetakan kedalam dua kategori: calon guru besar yang telah mengusulkan namun masih terkendala, dan calon guru besar yang belum mengusulkan tetapi sudah menempuh masakerja lebih 20 tahun dan telah memiliki golongan IV c dan IV b.

Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Hasan Asari, MA. menyampaikan pesan-pesan dukungan kepada para calon Guru Besar untuk terus meningkatkan aktifitas menulis dan menerbitkan karya ilmiah pada jurnal internasional bereputasi sebagai salah satu syarat penting untuk menjadi Profesor. Hal ini ditekankan karena kendala yang dihadapi oleh para dosen yang sedang mengusulkan Guru Besar adalah tidak adanya publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional bereputasi. Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut Wakil Rektor I memperkenalkan lembaga Academic Writing Center (AWC) yang dibentuk untuk membantu dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penulisan dan penerbitan karya ilmiah ke jurnal internasional terindeks Scopus, WOS atau Analytic Clarivate.  

Untuk mendukung para dosen dalam menulis dan menerbitkan pada jurnal internasional terindeks Scopus dan lain-lain, UIN Sumatera Utara akan memberikan dukungan berupa bantuan dana yang dibutuhkan dalam proses penerbitan. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA. Rektor menegaskan bahwa UIN Sumatera Utara memprioritaskan 5 Guru Besar akan dihasilkan pada tahun 2021 ini. Untuk itu bagi para calon profesor yang karyanya ditebitkan oleh jurnal terindeks Scopus akan diberikan bantuan sebesar Rp. 25.000.000,- per orang untuk 5 orang tahun 2021 ini. Oleh karena itu Rektor mengharapkan para calon Profesor tersebut membuat kontrak kinerja yang jelas dengan AWC terkait progress penulisan karya ilmiah. Dalam hal ini AWC akan berperan sebagai lembaga yang memantau progres publikasi dosen.

Rapat kordinasi akselerasi tersebut diakhiri dengan tanya jawab dan silaturrahmi dengan para calon Profesor tersebut. 

Categories: Berita